LAMPIRAN 1
CONTOH MODEL SILABUS (setelah diadaptasi dengan mengintegrasikan pendidikan karakter)
Sekolah : SMP ............
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran *) | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan. | Bentuk-bentuk muka bumi. | Mengamati gambar bentukan-bentukan di muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi secara berkelompok 1)*. | Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut. | Tes lisan | Daftar pertanyaan. | Sebutkan jenis-jenis bentuk muka bumi daratan! | 12 JP | Peta Atlas Globe Gambar proses terjadinya diastropisme Gambar tipe gunung api LKS CD Buku sumber yang relevan | Kerjasama |
Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen | Mengamati gambar tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme. | Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi kepada teman-temanya di dalam kelompoknya 2)*. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Jelaskan kepada teman-teman dalam kelompokmu apa yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya 2)* | Rasa percaya diri | |||
Gejala diastropisme dan vulkanisme | Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia. | Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api. | Tes tulis | Pilihan Ganda | Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu …. a. maar b. perisai c. starto d. kaldera | ||||
Gempabumi | Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi. | Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya. | Penugas-an | Tugas rumah | Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2! | Peduli sesama, bekerjasama, suka menolong, dermawan | |||
Mengumpulkan bantuan yang dapat diberikan kepada korban gempa 3)* | Peduli kepada korban gempa bumi 3)*. | Penugas-an 3)* | Tugas rumah 3)* | Kumpulkan bantuan apa saja yang dapat kalian berikan dari lingkungan sekitar kalian untuk korban gempa di … 3)* | |||||
Pelapukan | Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan. | Mendeskripsikan proses pelapukan | Tes tulis | Tes Uraian | Jelaskan proses pelapukan biologis! | ||||
Erosi | Mengamati obyek dan gambar tentang erosi. | Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya. | Tes tulis | Pilihan ganda | Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut .... a. abrasi b. deflasi c. glasial d. korasi | ||||
Sedimentasi | Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi | Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi. | Tertulis | Tes Uraian | Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air! | ||||
Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya. | Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya. | Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya. | Tertulis | Tes Uraian | Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api ! | Kerjasama, tanggung jawab, antisipatif | |||
Merancang langkah-langkah untuk mengurangi dampak negatif tenaga endogen secara berkelompok. | Penugasan | Pekerjaan Rumah | Rancanglah langkah-langkah untuk mengurangi dampak negatif tenaga endogen secara berkelompok. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar